Just a Blog From Kopites and Interisti: Perdebatan Taiwan sebagai Negara atau Provinsi dari China Part I

Sunday 28 April 2013

Perdebatan Taiwan sebagai Negara atau Provinsi dari China Part I





Akhir2 ini,sering ditemui perdebatan mengenai status Taiwan. Apakah itu meruapakan sebuah negara atau merupakan bagian dari negara China? Saya tertarik untuk menulis isu ini, dikarenakan sering tersenyum sendiri tatkala melihat komen-komen di forum, terutama forum mengenai smartphone, yang mempertanyakan apakah taiwan itu sebuah negara atau cuman provinsi dari China. Terasa aneh ya...forum membahas sma
rtphone kok malah bahas negara...setelah ditelusuri, ternyata mereka berdebat soal Pocin alias Ponsel China. Mengenai Analisa Perdebatan Secara Politik, silahkan klik http://ibramz.blogspot.com/2013/04/perdebatan-taiwan-sebagai-negara-atau_29.html
Ceritanya diawali dari sebuah posting mengenai komentar CEO HTC (salah satu produsen smartphone high end) yang mempertanyakan kualitas casing daripada smartphone yang baru dirilis oleh seterunya sesama produsen smartphone, Samsung, yaitu Samsung Galaxy S IV. Nah, yang menarik bukan dari postingnya, tetapi dari komentar-komentar yang dikirimkan oleh pengguna forum lainnya.



Karena sepertinya thread-nya sudah dihapus, saya kurang bisa menjelaskan secara terperinci, hanya sebatas ingatan memori di otak saya. Komen mulai panas tatkala ada sebuah komentar yang menyatakan bahwa pocin itu kurang berkualitas (inget,,ini hanya subjektivitas dari salah satu anggota forum). Dan kemudian dibalas dengan komentar bahwa tidak semua pocin tidak berkualitas, dan buktinya adalah HTC. Anggota forum lain pun membalas, bahwa HTC itu bukan produk China, tapi dibuat di Taiwan, hingga kemudian banyak sekali balasan yang menyatakan Taiwan itu masuk China lah,,ada yang bilang sudah negara sendiri, pake bawa-bawa alasan sudah punya presidenb sendiri, dan lain sebagainya..... Saya yang hanya sebagai guest di situs / forum tersebut hanya bisa senyum-senyum sendiri melihat perdebatan mereka. Mau ikut menanggapi juga harus mendaftar di forum tersebut, dan akhirnya unek-unek tersebut hanya bisa disimpan dalam hati.

Saya sendiri lebih condong kepada anggapan bahwa Taiwan merupakan bagian dari China. Untuk bukti politiknya, nanti akan saya posting di judul yang sama silahkan klik di kalimat selanjutnya untuk pembhasan soal politiknya Part II. Namun ketika banyak yang mempertanyakan kualitas HTC (terutama bagi pengguna awam smartphone), saya ingin ikut berbagi mengenai perihal tersebut. Sebagian orang mungkin belum tahu HTC itu adalah salah satu produsen smartphone medium-high end. Bahkan tak jarang ditemui konter hape yang menganggap HTC itu masih bagian dari HT Mobile atau bahkan High Tech (merk pocin,sekarang sudah gak ada). Hal itu sering ditemui di daerah-daerah di luar kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lain-lain. Untuk profil HTC sendiri silahkan lihat di website-nya. Seperti yang diketahui, HTC merupakan produsen smartphone dari Taiwan. Perusahaan ini memproduksi ponsel dari spesifikasi medium-high (sepengetahuan saya, HTC tidak pernah memproduksi ponsel di kalangan low-end). Secara merupakan produsen ponsel dari Taiwan, HTC membuat ponselnya di Taiwan.

Mengutip dari buku yang pernah saya baca, yang berjudul "Dangerous Strat" karya Nancy Bernkopf Tucker (editorial), terdapat salah satu tulisan di dalamnya yang ditulis oleh T.J. Cheng mengenai ketergantungan antara China dan Taiwan. Di dalamnya menulis tentang bagaimana ketergantungan ekonomi yang terjadi antara China dan Taiwan. Di dalamnya, Cheng menyajikan studi kasus mengenai ekspor Taiwan di dalam hal semi-konduktor (baik itu prosesor, motherboard, dan perangkat lainnya di dalam sebuah komponen elektronik). Cheng menyajikan daftar bagaimana Taiwan begitu superior di dalam permasalahan komponen elektronik dibandingkan dengan China. Pada tahun 1999, produksi komponen elektronik Taiwan (terutama untuk PC dan notebook) sudah mencapai 50% dari market di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa Taiwan memang dipercaya sebagai tempat produksi dari komponen komputer,dimulai dari monitor, motherboard, graphic card, PC Case, notebook dan lain sebagainya. Itu baru data tahun 1999, apalagi untuk saat ini.

Hal itu tidak terlepas dari banyak vendor dunia yang mempercayakan komponennya dibuat di Taiwan, seperti IBM. Bahkan, vendor processing hardware raksasa terbesar kedua di dunia, yaitu Asus, dan Acer berasal dari Taiwan. Mengamini dari sebagian pendapat user dari pengguna Asus (termasuk saya), kualitas dari Asus sangat baik, baik dari segi pelayanan after sales maupun hardware yang telah diproduksi. Kesimpulannya, produk dari Taiwan dalam hal mobile PC, dan komponen-komponennya jauh lebih bagus dari produksi China. jadi untuk pihak yang mempertanyakan kualitas HTC, silahkan anda merevisi kembali pertanyaan anda. Sekedar info,, rata-rata prosesor dan komponen elektronik dari mobile PC dibuat di Taiwan, selebihnya dikirim ke China untuk dirakit dan dijadikan satu perangkat utuh.
#Correct Me If I'm Wrong (pembahasan yang sangat tidak mendalam I think)
Saran dan kritik sangat diharapkan dari pembaca tulisan ini!!!!!!

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything