Just a Blog From Kopites and Interisti: Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dengan S4 Supercopy !!

Saturday 11 January 2014

Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dengan S4 Supercopy !!


Kemaren malam, seorang teman saya membeli sebuah smartphone merk Samsung dengan type Galaxy S4. Bukan hal yang mengejutkan mengingat sejak beberapa hari sebelumnya, teman saya sudah bertanya-tanya mengenai smartphone tersebut.
Justru yang bikin saya kaget adalah bahwa teman saya mendapatkan unit Samsung Galaxy S4 Supercopy. Kenapa saya kaget? Hal ini dikarenakan dia berniat membeli S4 asli dengan harga 5,9 juta di sebuah gerai besar di Malang. Tidak perlu disebutkan gerainya karena menunggu konfirmasi dariapda pengembalian smartphone tersebut. Sebuah hal yang sebenarnya mengagetkan mengingat reputasinya sebagai salah satu gerai penjual smartphone terbesar di Kota Malang.
Teman saya tidak menyadari bahwa dia mendapatkan unit S4 Supercopy. Hal ini diketahui setelah dia membawa smartphone tersebut ke kost tepat setelah dia membelinya. Saya pun awalnya tidak tahu kalau itu S4 Supercopy hingga kemudian teman satu kost saya membandingkan S4 Supercopy tersebut dengan S4 Asli yang dimiliki pacarnya.
Kecurigaan awal dari teman saya adalah bahwa RAM yang tersisa dari unit S4 Supercopy yang dia dapatkan hanya tersisa 300MB-an. Sebuah hal yang ironis, mengingat RAM daripada S4 asli mencapai 2 GB. Alasan daripada salesnya bahwa RAM tersebut termakan aplikasi yang ada di dalam unit tersebut. Saya juga tidak percaya karena sepengetahuan saya, RAM tidak akan termakan kecuali oleh aplikasi yang berjalan. Alangkah anehnya bila RAM terpotong hanya oleh aplikasi yang terdownload dan tidak berjalan.
Sekilas memang tidak ada perbedaan sama sekali antara yang asli dengan supercopy. Namun bagi yang terbiasa memegang Galaxy S4 Asli, akan begitu terasa perbedaan di dalam handle-nya (memegangnya).
Dimulai dari berat yang cukup berbeda, dimana S4 asli justru memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan S4 Supercopy. Saya memang tidak mengukurnya secara pasti dengan timbangan, namun hanya perbandingan kasar dengan memegang keduanya secara bergantian di tangan yang sama.
Perbedaan kedua bisa dilihat dari tampilan menu awal daripada smartphone ini. Bila anda sering menggunakan smartphone dengan interface Android Jelly Bean versi 4.2.2, maka akan terlihat wallpaper awal yang dimiliki S4 Supercopy ini berbeda dengan yang lainnya. Hal ini saya ketahui dari tampilan yang dimiliki S4 Asli, S4 supercpy dengan Galaxy Note 3 yang sama-sama mengadopsi sistem operasi tersebut.
Perbedaan ketiga dilihat dari indikator sinyal yang berada paling atas dari bagian layar. Pada Galazxy S4 Asli, indikator sinyal bar dengan indikator sinyal 3G atau HSDPA terpisah, sementara pada S4 Supercopy, kedua indikator ini bertumpuk. Indikator 3G atau HSDPA berada tepat atau bertumpuk dengan sinyal bar. Sayang sekali saya tidak bisa memperlihatkan perbedaannya dikarenakan S4 Supercopy tersebut sudah dikembalikan ke gerainya.
Perbedaan selanjutnya ada pada notifikasi bar yang bisa discroll dari atas layar. Terdapat perbedaan beberapa ikon menu yang memang berbeda di antara keduanya. Ditambah lagi, misal bila anda akan menyalakan wifi atau masuk ke setting wifi dari area notifikasi ini, anda tinggal menyentuh agak lama pada simbol wi-fi dan akan langsung menuju settinga-an wi-fi. Hal ini berlaku pada S4 yang asli. Sementara pada S4 Supercopy, bila anda menekan simbol wi-fi tersebut secara lama, tidak akan terjadi apa-apa. Dan anda harus masuk ke settingan wif secara manual melalui shortcut setting yang ada pada jajaran menu aplikasi.
Dilihat dari daftar aplikasi yang ada, S4 asli menyajikan tampilan menu default daripada Android Jelly Bean tanpa tambahan aplikasi apapun dari pihak ketiga. Namun pada S4 Supercopy yang dibeli teman saya, ada beberapa aplikasi tambahan pada setting default daripada jelly bean, beberapa diantaranya adalaha game, aplikasi app boost dan lain sebagainya.
Pada akhirnya untuk menambah kepercayaan saya, saya memasang aplikasi antutut benchmark. Sebuah aplikasi yang ditujukaan untuk melakukan test terhadap performa smartphone serta melihat isi daripada hardware yang dipakai smartphone tersebut. Namun karena S4 Supercopy tidak bisa dipasangi Antutu, maka saya memasang aplikasi Quadrant yang memiliki fungsi yang sama dengan Antutu Benchmark. Setelah dilakukan test, kemudian saya membandingkan isi daripada hardware yang ada di kedua smartphone tersebut. Dari sini bisa dilihat perbedaan-nya secara pasti.
Pada S4 supercopy disebutkan bahwa memiliki prosesor ARM 7. Sementara pada S4 Asli, prosesor disebutkan secara lengkap, yaitu ARM 7 versi 3. Perbedaan paling mencolok justru berada sisi Graphic Processing Unit (GPU) yang dimiliki keduanya. S4 Asli menggunakan Power VR SGX 544, sementara S4 supercopy menggunakan GPU Mali 400, yang notabene digunakan smartphone android untuk entry level. Pada display pun memperlihatkan perbedaan yang signifikan, dimana S4 asli memiliki resolui layar 1920 X 1020 (Full HD), sementara S4 Supercopy hanya memiliki resolusi setengahnya, yaitu 500 X 400 (bila saya tidak salah ingat). DPI (dot per inch) pun memperlihatkan perbedaan, dimana DPI pada S4 asli mencapa 400 X 400, sementara pada S4 supercopy hanya mencapai 150 X 200.
Dari dus serta paket pembelian yang ada, juga terdapat perbedaan. Pada Samsung Galaxy S4 yang asli, anda hanya akan mendapatkan paket pembelian standar, dimana isinya berupa baterai, charge, kabel data dan kartu garansi. Sementara pada S4 Supercopy yang dibeli teman saya, dia mendapatkan bonus flipcase yang sudah ada dalam kardus serta bonus screenguard, itupun ditambah bonus flipcase yang ada celah untuk indikator jam dan sebagainya dari gerai tersebut.
Rasanya cukup sampai disitu untuk membuktikan bahwa teman saya mendapatkan Samsung Galaxy S4 SUPERCOPY. Hal tersebut membuat teman saya langsung terdiam, entah karena stress atau yang lain. Hingga akhirnya diputuskan besok untuk kembali ke gerai tersebut dan meninta solusi yang ada.Untuk solusinya akan saya tuliskan besok menunggu berita dari teman saya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membuat kita lebih cermat dan teliti di dalam membeli smartphone, terutama untuk seri-seri daripada Samsung ataupun smartphone yang laris di pasaran seperti Apple. Karena yang saya ketahui, hanya produk dari kedua vendor tersebut yang kerap dibuat versi bajakannya (Copy atau Supercopy). Seperti S4 yang didapat teman saya, dimana para pengguna awam mungkin juga mengira bahwa gadget tersebut asli.

Sedang mencari rumah siap huni di kawasan Kota Malang dan sekitarnya? Atau sedang mencari tanah untuk membangun rumah atau kebutuhan lainnya? Atau mungkin anda sedang mencari rumah kost atau tanah sebagai investasi ? Silahkan hubungi saya melalui email atau mention saya di twitter @ibramzovic ...

8 comments:

  1. Makasih gan...atas infonya...
    Semoga tdak ada korban berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.....
      sama2 gan...karena itu bisa dikatakan penipuan,,kecuali memang kita berniat memberli Samsung galaxy S4 Supercopy dengan harga Supercopy juga

      Delete
  2. Terimakasih banyak, sam Bram. Infonya membantu saya sangat.
    Semoga tidak ada yang tetripu lagi ya.
    Anyway kayaknya saya tahu toko yang dimaksud nih. Langganan dari dulu disitu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn...wah arek ngalam juga tow?
      hahaha langganan? gak merasa dapat supercopy kan?

      Delete
    2. iya.. asli malang kok. aremanita. malah tiap mau ganti hape musti pulkam dulu. harga disini benar-benar jauh sama harga malang hehehe.
      alhamdulilah nggak pernah kena supercopy mas.. kebetulan terakhir beli belum kepincut high end smartphone.
      wah, padahal si Om yang punya toko orangnya termasuk tegas lho. jadi tiap mau beli, habis nanya harga di salesnya, langsung nyariin si Om tuk dapat harga pas tanpa nawar lagi..
      nggak nyangka ada yg tega ngusilin juga disitu..

      Delete
    3. oalah aremanita....
      jauh? masak selisihnya jauh? bukannya harga2 barang IT disana murah2?
      ya gak tahu juga sih kalo yg nakal itu sales counternya...

      Delete
  3. terima kasih infonya gan.... niat mau beli s4 duit belum cukup ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan.....
      ya nabung dulu aja gan....soalnya kualitas supercopy emang patut dipertanyakan...banyak yg suka error

      Delete

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything