Just a Blog From Kopites and Interisti: Samsung Galaxy S5 ; Review dan Komentar

Sunday 1 June 2014

Samsung Galaxy S5 ; Review dan Komentar

Yep,,Samsung Galaxy S5 telah diluncurkan dan dijual di pasaran. Banyak pihak menanti-nanti suksesor seri Galaxy ini, yang menjadi line-up terdepan Samsung di dalam penjualan produknya.  Seperti yang diketahui, generasi sebelumnya yaitu Samsung Galaxy S4 mampu terjual 10 juta unit hanya dalam waktu sebulan pasca diluncurkannya produk tersebut. Sebuah prestasi fenomenal sekaligus pertanyaan bagi penerusnya, mampukah generasi penerusnya mampu melampaui rekor penjualan ini ?


source picture : phonearena.com


Masih menggunakan material plastik seperti pendahulunya (S4), Galaxy S5 ini memiliki dimensi 142X72,5X8,1mm. Galaxy S5 sendiri memiliki berat 145 gram, selisih 15 gram dengan S4 yang memiliki bobot 130gram. Material plastik yang digunakan sendiri tidak menampakkan ciri khas smartphone premium seperti pada produk HTC, Sony atau bahkan Apple. Meskipun telah dikelilingi bezel logam di segala sisinya, namun masih tidak membantu penampilan daripada Galaxy S5 ini. 


source picture : trustedreviews.com




Galaxy S5 menggunakan layar sentuh berjenis Super AMOLED 16 juta warna. Layar ini sendiri telah didukung resolusi 1080X1920 piksel. Resolusi layar yang tidak mengalami peningkatan di banding seri sebelumnya. Memiliki kerapatan piksel sebesar 432 ppi, justru mengalami penurunan dibanding seri sebelumnya yang mencapai 441 ppi. Mungkin hal ini dikarenakan bentang layar S5 yang lebih lebar 0,1 inci dibanding pendahulunya S4 yang memiliki bentang layar 5 inci.

Dibekali dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu KitKat 4.4.2 dipadukan dengan TouchWIZ UI, menjadikan Galaxy S5 ini mudah diopeasikan, terutama bila anda sudah terbiasa memakai smartphone Samsung. Ada satu fitur baru yang ditawarkan Galaxy S5, yaitu pemindai sidik jari untuk membuka layar. Sebuah fitur yang mungkin dirasa “tidak begitu perlu”.

Berlanjut ke hardware, Samsung membenamkan prosesor quad core 2,5 GHz Krait dipadukan dengan RAM sebesar 2GB. Sebuah hal yang wajar mengingat ini merupakan produk flagship daripada Samsung. Ditemani dengan GPU Adreno 330 menjadikan ponsel ini sangat cocok untuk bermain game HD terbaru yang membutuhkan kinerja hardware yang mumpuni. Dari skor test di Antutu pun mendapatkan skor 35460, setingkat di atas Samsung Galaxy Note 3. Skor ini bisa saja lebih besar andaikan Samsung membekali S5 dengan RAM sebesar 3GB seperti pada Note 3 atau bahkan lebih. Spesifikasi mumpuni ini “hanya” dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 2.800 mAh.

Dengan banderol harga yang mencapai lebih dari 8 juta, Galaxy S5 telah dibekali berbagai konektivitas terkini, meliputi jaringan LTE (termasuk HSDPA 42Mbps), Wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac, DLNA, Bluetooth v4.0, NFC, dan tak ketinggalan adalah Infrared. Ya, koneksi infrared yang sangat jarang ditemukan pada produk terkini dibenamkan di smartphone ini. Sebenarnya difungsikan untuk menjadikan S5 sebagai alat pengendali (Remote) untuk berbagai perangkat elektronik yang mungkin ada di rumah anda.

Galaxy S5 memiliki kamera belakang dengan resolusi 16 MP dengan fitur autofocus dan LED Flash. Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 2 MP. Tidak ada yang istimewa dari fitur kamera yang dibawa oleh S5 dibandingkan pendahulunya. Mungkin hanya ada peningkatan resolusi dimana S4 memiliki resolusi 13 MP.

Fitur lain yang disematkan Samsung di Galaxy S5 adalah adanya Heart Rate Sensor. Yep, sebuah sensor detak jantung yang terletak di bawah lensa kamera belakang pada ponsel ini mampu membaca detak jantung melalui ujung jari tangam. Sebuah fitur yang menurut banyak pihak tidak terlalu wah dan mungkin akan sangat jarang digunakan. S5 juga memiliki sertifikat IP67, yang menandakan bahwa ponsel ini tahan air pada kedalaman 1 meter dan tidak lebih dari 30 menit.


source picture : phonearena.com



Kesimpulannya....Samsung terlalu dini mengeluarkan seri S5 ini. Banyak prediksi yang memperkirakan banyaknya fitur “wah” yang dibenamkan Samsung pada produk ini dan ternyata prediksi ini salah total. Spesifikasi yang tidak terlalu jauh dari pendahulunya yaitu S4 dan bahkan hampir sama dengan Note 3, menjadikan S5 ini menjadi produk Samsung yang “tanggung”. Meskipun mungkin dari sisi hardware yang dibawa (prosesor dsb) kita bisa bertepuk tangan. Bila anda sebelumnya pengguna S4, sangat tidak disarankan untuk melakukan upgrade ke produk ini. Dengan harga kurang lebih 8,3 juta rupiah, anda bisa mendapatkan produk dari kompetitor lain yang menawarkan fitu yang lebih “wah”, seperti HTC One atau Sony Xperia Z2.

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything