Just a Blog From Kopites and Interisti: iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ; Sesuai ekspektasi para fans-nya?

Tuesday 30 September 2014

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ; Sesuai ekspektasi para fans-nya?

 source picture : zdnet.com
Apple telah merilis dan menjual smartphone terbaru mereka, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Bisa dibilang masa peluncuran ini dirasa cukup, mengingat kali terakhir Apple merilis seri iPhone 5 pada tahun lalu. Bersamaan dengan itu pula, Apple merilis update iOS terbaru, yaitu iOS 8.

Apa yang berbeda dari iPhone 6 dan plus ini? Masih mengandalkan ciri khas bentuk Apple yang agak rounding di bagian tepinya, iPhone 6 mengusung luas layar 4,7 inch, terpaut 0,7 inch dari pendahulunya yaitu iPhone 5. Meskipun memiliki layar yang lebih luas, iPhone 6 memiliki kedalaman piksel yang sama dengan pendahulunya yaitu 326 ppi (pixel per inch). Hall ini dikarenakan iPhone 6 menaikkan resolusi layarnya menjadi 750 x 1334 pixels. Sementara iPhone 6 plus (Apple menganggapnya sebagai phablet), mengusung bentang layar seluas 5,5 inches dengan resolusi Full HD 1920 x 1020 pixels. Dengan begitu iPhone 6 plus ini lebih tajam di dalam menampilkan gambar, karena memiliki kerapatan piksel sebesar 401.

Prosesor yang dipakai masih mengandalkan ARM  Apple A8 based dual core dengan clock speed 1, 4 Ghz, meningkat 0,1 Ghz dibanding pendahulunya. Besar RAM pun masih sama yaitu 1GB. Sementara GPU (Graphic Processing Unit) menggunakan PowerVR GX6450 (hexa core).

Di sisi kamera, iPhone 6 maupun 6 plus masih menggunakan kamera beresolusi 8 Megapixel dengan lebar lensa 1/3". Memiliki dual LED Flash, kamera iPhone 6 ini sanggup merekam video Full HD pada kecepatan 60 fps. Sementara kamera depan memiliki resolusi 1,2 Megapixel.

antrian fans iPhone di Jepang


Fans di Hongkong langsung menyerbu begitu pintu toko dibuka


Begitulah secara ringkas spesifikasi daripada iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Penulis hanya bisa mereview sedikit karena belum pernah memegang barangnya secara langsung. Menurut penulis, iPhone 6 dan Plus ini secara hardware tidak menampilkan pembaharuan berarti. Prosesor yang masih dualcore, RAM 1GB dan kecepatan prosesor yang hanya meningkat 0,1 Ghz belum memberikan gimmick tersendiri bagi pemilik iPhone 5 untuk mengganti iPhone miliknya.

Kamera yang diusung pun masih sama. Hal itu memang tidak bisa dijadikan alasan, karena dari awal, Steve Jobs sudah menegaskan bahwa resolusi kamera bukan segalanya. Dan itu memang terbukti sejak generasi Apple 3G.

Di sisi software, tak ada yang bisa penulis bahas, mengingat bukan pengguna iOS dan belum banyak yang melakukan review daripada iOS 8. Namun, tak usah berkecil hati untuk para pengguna iPhone 5 yang masih memiliki iOS 7, karena Apple telah merilis update iOS 8 di website resminya.

You can do better than this Apple....Bigger but not so better,,but still more expensive
Enjoy your Smartphone.....

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything