Just a Blog From Kopites and Interisti: Xiaomi Redmi 1S ; Spek Gahar Harga Minimal

Wednesday 15 October 2014

Xiaomi Redmi 1S ; Spek Gahar Harga Minimal

Xiaomi? Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal salah satu brand smartphone dari China. Xiaomi merupakan salah satu brand baru yang masuk ke Indonesia. Meskipun di negara asalnya sana, merk ponsel ini sudah cukup dikenal dan laris di pasaran. Baru pada pertengahan 2014 brand ini ikut meramaikan persaingan smartphone di tanah air. 

Xiaomi Red 1S merupakan salah produk anyar yang diusung ke Indonesia. Di pasar internasional, smartphone ini lebih dikenal dengan nama Hongmi 1S. Smartphone ini menyasar kalangan entry hingga mid level dengan spesifikasi yang dianggap sangat bisa bersaing dengan produk lainnya.

Red 1S memiliki bentang layar seluas 4,7". Sebuah luas layar yang dianggap cukup bagi sebagian orang, terutama wilayah Asia. Luas layar tersebut didukung oleh resolusi HD, yaitu 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 312 ppi. Tentunya hal ini membuat tampilan di Redmi 1S cukup tajam untuk ukuran sekelasnya.Layar ini juga sudah dibekali dengan layar anti gores Dragontail.
Mengusung sistem operasi android Jelly Bean (4.3), Redmi 1S dianggap tertinggal di saat yang lain sudah mengusung versi KitKat. Namun tak perlu khawatir, karena menurut kabar, dalam waktu dekat akan dirilis upgrade ke versi Kitkat. Redmi 1S memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan yang lain, karena Xiaomi sudah membenamkan MIUI 5.0 yang merupakan kustomisasi dari tampilan produk-produk Xiaomi. Tampilan ini memberikan efek yang berbeda dibandingkan smartphone lain entry lain yang cenderung membawa tampilan Jelly Bean original.

Beralih ke sisi jeroan daripada Redmi 1S. Smartphone ini mengusung prosesor Qualcomm MSM8228 Quad Core dengan clockspeed 1,6 Ghz. Bukan clockspeed yang gahar, tapi menilik prosesor yang dibawanya tentu memberikan daya tarik sendiri, mengingat para pesaing di entry level lebih suka membenamkan prosesor dari MediaTek. Ketangguhan prosesor ini dibarengi dengan penancapan RAM sebesar 1Gb, yang dirasa sudah cukup untuk kebutuhan bermedia sosial ataupun memainkan game medium. Xiaomi membenamkan GPU Adreno 305 pada Redmi 1S. Kapasitas memori internal pada Redmi 1S mencapai 8GB. Apabila dirasa kurang, Xiaomi memberikan slot micro SD hingga kapasitas 32GB. Redmi 1S mengusung baterai berkapasitas 2000 mAh, cukup besar di segmen entry level ini.

Membawa kamera beresolusi 8 Megapixel sudah dirasa cukup untuk bersaing di kelas entry level. Fitur kamera cukup komplit, meliputi autofocus, HDR, LED Flash hingga geotagging. Kamera ini bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD 1080p dengan framerate 30fps. Kamera depan mengusung resolusi 1,6 Megapixel yang juga dapat merekam video dengan resolusi 720p pada 30fps.

Redmi 1S membawa koneksi dual SIM yang bisa standby bersamaan. Namun hanya SIM card pertama yang mampu mendukung jaringan HSDPA. Smartphone ini juga sudah dibekali GPS, Bluetooth (4.0) dan wi-fi. Sementara port kabel data sudah mendukung USB On The GO. Redmi juga sudah mendukung MiCloud, sebuah layanan cloud storage yang dihadirkan Xiaomi untuk penggunanya. MiCloud berguna untuk menyimpan data ponsel di server Xiaomi, dan berguna untuk melacak dan menghapus data ponsel apabila ponsel hilang.

Satu kekurangan dari Xiaomi saat beredar di Indonesia, yaitu layanan purna jual dan aftersalesnya. Xiaomi hanya menjual ponsel ini secara online, tidak dijual di toko ataupun counter. Hal ini merupakan strategi dari perusahaan yang bahkan juga diterapkan di negeri asalnya. Ini memberikan sedikit kesulitan bagi para pengguna untuk memilikinya, karena harus melakukan transaksi secara online, yang mana masyarakat Indonesia masih belum terlalu familiar dengan sistem penjualan ini.

At last, dengan harga jual sebesar 1,5jutaan, ponsel ini sangat worth to buy. Price to performance daripada ponsel ini cukup menjanjikan. Di kelas entry level, ponsel ini patut diperhitungkan, dan bisa head to head dengan Zenfone 4S yang juga menawarkan fitur lengkap.

Welcome to Indonesia, Xiaomi.....
Hope you stay long in Indonesia and guarantee your service centre...

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything