Just a Blog From Kopites and Interisti: Samsung Galaxy Grand Prime ; Persembahan Samsung Untuk Pecinta Selfie

Tuesday 16 December 2014

Samsung Galaxy Grand Prime ; Persembahan Samsung Untuk Pecinta Selfie




"Selfie", sebuah kata yang sangat tren di tahun 2014 ini. Hampir berbagai pose foto di berbagai media sosial menggunakan format selfie ini. Pada mulanya mode selfie ini sulit dilakukan karena harus menggunakan kamera belakang yang memiliki resolusi tinggi. Namun, tren selfie ini mendorong vendor / produsen ponsel untuk membenamkan kamera depan dengan resolusi yang lebih tinggi. Hal ini untuk mempermudah proses "selfie" itu sendiri.
Begitu derasnya tren "selfie" ini menyebabkan ponsel dengan resolusi kamera depan yang tinggi cukup laris di pasaran. Banyak vendor ponsel, terutama ponsel lokal yang membenamkan resolusi kamera depan antara 2 hingga 5 megapixel. Gebrakan yang dibuat vendor lokal ini membuat gerah vendor terbesar, Samsung yang akhirnya merilis ponsel khusus untuk "selfie", yaitu Samsung Galaxy Grand Prime. Yep, mengacu pada nama varian Galaxy Grand, ponsel ini menyasar segmen middle level. Mari kita kupas satu per satu fitur yang dibawa Grand Prime ini.
Grand Prime menganut desain Samsung pada umumnya dengan bentuk persegi dan ada lekukan di sudut-sudutnya. Tombol pencet hanya ada pada tengah bawah untuk tombol Home, sementara dua tombol sentuh mengapitnya yang berguna sebagai shorcut untuk back dan recent apps.
Grand Prime mengusung layar sentuh jenis TFT dengan luas penampang layar mencapai 5 inchi. Penggunaan layar jenis TFT ini tentunya berpengaruh terhadap tampilan bila dibandingkan dengan layar jenis IPS, dimana layar TFT cenderung kurang bisa menampilkan warna yang natural dan tajam. Layarnya memiliki resolusi qHD (540 x 960 pixels) dengan kerapatan piksel mencapai 240 dpi. Sebuah resolusi yang tidak terlalu wah namun memang sesuai dengan harga yang ditawarkan.
Grand Prime sudah dijejali Android dengan versi 4.4.4 (KitKat). Tentunya hal ini membuat kompatibilitas dengan aplikasi terbaru menjadi lebih mudah. Ponsel ini juga telah mendukung Dual SIM dengan support jaringan hingga 3G.
Samsung membenamkan prosesor ARMv7 Quad core 1,2 GHz dan GPU Adreno 306. Kinerja kedua processing unit tadi dibantu dengan besaran RAM yang mencapai 1GB. Cukup memadai untuk menopang kinerja beberapa aplikasi yang berjalan sekaligus. Memiliki memori internal 8GB, ponsel ini juga mendukung external memori Micro SD hingga kapasitas 64 GB.
Beralih ke sektor utama dari ponsel "selfie" ini, Kamera. Ya, resolusi kamera merupakan hal yang sangat diperhatikan bila merujuk pada kata "selfie". Samsung pun menancapkan kamera dengan resolusi 5 megapixel. Sebuah resolusi "wah" untuk kamera depan. Besaran resolusi ini ditambah dengan sudut pengambilan gambar yang lebih besar, yaitu 85 derajat. Sebuah fitur yang benar-benar mengakomodir pecinta "selfie". Kamera belakangnya sendiri memiliki resolusi 8 megapixel dengan LED Flash. Cukup menarik.
Kesimpulannya ; Anda pecinta "selfie"? Anda juga pecinta Samsung? Maka ponsel ini cukup direkomendasikan bagi anda yang termasuk keduanya. Seri Galaxy High End pun belum dijejali dengan resolusi kamera sebesar ini. Kekurangan dari produk ini ada pada harga yang masih "dianggap" terlalu mahal mengacu pada spesifikasi hardware yang dibawa dan desain ala Samsung yang cenderung itu-itu saja.
Pilihan ada pada Anda....Enjoy Your Smartphone !!!

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything