Just a Blog From Kopites and Interisti: Harga BBM (Premium) Naik, Harga BBM Non-Subsidi Malah Turun?

Tuesday 16 December 2014

Harga BBM (Premium) Naik, Harga BBM Non-Subsidi Malah Turun?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi menaikkan harga BBM jenis premium dari sebelumnya 6500 rupiah per liter menjadi 8500 rupiah per liter dan jenis solar dari 5500 per liter menjadi 7500 rupiah per liter. Sebuah kepastian mengingat sebelumnya kabar kebijakan kenaikan BBM ini telah santer terdengar namun tak kunjung direalisasikan.Kebijakan menaikkan harga BBM ini memicu protes keras dari berbagai pihak. Alasan paling utama adalah kenaikan harga BBM ini terjadi justru ketika harga minyak mentah dunia sedang turun. Padahal seharusnya dengan menurunnya harga minyak mentah dunia, maka secara otomatis harga BBM akan justru turun.
Hal inilah yang terjadi pada BBM non-subsidi. Pertamax, yang pada 2014 cenderung berada pada level harga di atas 10.600 rupiah per liter, kini menjadi 9950 rupiah per liter. Penurunan harga pertamax ini tentunya menjadi kabar baik bagi konsumen setianya.

Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh dari Premium (RON 88), pertamax kini menjadi incaran para pengguna kendaraan. Ada puluhan SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengaku kehabisan stok Pertamax (RON 92). Hal ini menjadi anomali ketika dulu pertamax dianggap sebagai bahan bakar mahal dan hanya untuk kendaraan terbaru.

Banyak kalangan masyarakat menilai, selisih harga yang tidak terlalu jauh menyebabkan orang mulai beralih menggunakan pertamax. Dengan selisih harga hanya 1500 pengguna kendaraan mendapatkan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik. Tentunya juga hal ini tidak disia-siakan, mengingat sudah lama Pertamax berada pada kisaran harga di atas 10 ribu rupiah.

Penurunan harga pertamax ini akan terus berlanjut mengingat tren negatif dari harga minyak dunia yang terus turun. Penurunan ini seharusnya bisa lebih besar andaikata nilai tukar rupiah terhadap dolar juga ikut menguat. Harga 9950 rupiah per liter merupakan harga untuk kawasan Jabodetabek. Untuk daerah-daerah lainnya akan terdapat selisih harga karena BBM jenis pertamax tidak mendapat subsidi sama sekali dari pemerintah sehingga harga pengangkutan BBM ini ditanggung oleh konsumen.

Inilah saat yang tepat untuk mencoba Pertamax bagi anda yang belum pernah memakainya. Dan anda mungkin akan merasakan perbedaan penggunaan premium dengan pertamax di kendaraan anda.

Pertamax....Lebih Baik

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything