Just a Blog From Kopites and Interisti: Review Asus Zenfone 5 ; Penantang Baru di Segmen Middle Smartphone

Monday 28 April 2014

Review Asus Zenfone 5 ; Penantang Baru di Segmen Middle Smartphone

Asus, siapa yang tak kenal produsen hardware dari Taiwan ini. Menjadi salah satu produsen terbesar perangkat keras baik untuk PC dan Notebook, Asus mulai memberikan pengaruhnya di sektor Smartphone. Setelah sebelumnya berfokus kepada sektor tablet android (dengan produk Padfone-nya), Asus pun mulai merambah sektor smartphone.

Gempuran paling nyata adalah dengan diluncurkannya Asus Zenfone Series, dimulai dengan Asus Zenfone 4, 5 dan seri 6. Series ini dibedakan melalui rentang harga dan perangkat keras yang dibawanya. Banyak analis yang menganggap Asus Zenfone mengancam keberadaan smartphone high-end dari vendor lain seperti Samsung dan Sony. 


Karena saya tidak memiliki Asus Zenfone secara langsung, saya hanya bisa mereview dari ulasan dari website lain yang ada di dunia. Saya hanya akan membahas Asus Zenfone 5, karena series ini memang paling banyak dicari konsumen, terutama dari konsumen Indonesia. 

Asus Zenfone 5 diperkenalkan pada bulan Januari 2014. Seri ini disebut-sebut menjadi penantang di segmen middle smartphone, karena menawarkan fitur yang cukup wah di rentang harganya. Untuk lebih jelasnya, spesifikasi Zenfone 5 ini bisa dilihat di gsmarena .



Menilik sedikit dari gsm arena, Zenfone 5 menggunakan layar seluas 5 inci, dengan kedalaman warna 16 juta (hampir semua smartphone memilikinya). Dengan menggunakan layar IPS, kerapatan piksel yang tertampil mencapai 294 ppi (pixel per inch). Ukuran kerapatan ini cukup bagus mengingat resolusi layar yang sudah mencapai HD ( 1280 X 720). Kerapatan layar ini masih lebih baik daripada Samsung Galaxy Ace 3 yang hanya mencapai 233 ppi. Layarnya sendiri pun sudah dilapisi Corning Gorilla Glass generasi ketiga. 

Yang menjadi kekuatan utama adalah perangkat CPU yang dibawa oleh Zenfone 5. Menggunakan prosesor Intel Z2580 dual core dengan clockspeed 2,0 Ghz tentunya ini cukup bertenaga bahkan untuk keperluan gaming. Graphic Processing Unit (GPU) PowerVR SGX544MP2 ditemani jumlah RAM sebesar 1 GB tentunya sudah lebih dari cukup untuk menopang kinerja smartphone dengan game-game HD yang akan dijalankan. Sayang sekali, karena ada review dari pengguna yang telah mendapatkan produk ini, bahwa produk yang dia terima hanya memilik processor dengan clockspeed 1,6 GHz. Apakah itu memang kebijakan dari Asus sendiri dengan memberikan prosesor yang berbeda untuk pasar Indonesia masih belum diketahui.

Zenfone 5 dibekali dengan Android Jelly Bean versi 4.3 , namun sudah dipastikan bahwa Zenfone 5 bisa diupgrade untuk mendapatkan Android versi terbaru, yaitu KitKat (4.4.2). Tentunya ini cukup menggembirakan, mengingat konsumen tidak harus menunggu untuk mendapatkan kepastian bisa tidaknya dilakukan upgrade OS pada smartphone yang dimilikinya.

Asus Zenfone 5 telah dibekali kamera dengan resolusi mencapai 8 MP. Sebuah resolusi yang wajib dimiliki sebuah smartphone di segmen middle. Sudah memiliki LED Flash pada kameranya tentu memberikan solusi untuk pengambilan gambar di tempat yang gelap atau minim cahaya. Dibekali dengan baterai berkapasitas 2140 mAh, bisa dikatakan pas-pasan untuk menopang kinerja penuh dari Asus Zenfone 5.



Demikian review secukupnya mengenai Asus Zenfone 5. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat review dari penggunanya langsung yang telah membelinya di forum pulsa community.


Sedang mencari rumah siap huni di kawasan Kota Malang dan sekitarnya? Atau sedang mencari tanah untuk membangun rumah atau kebutuhan lainnya? Atau mungkin anda sedang mencari rumah kost atau tanah sebagai investasi ? Silahkan hubungi saya melalui email atau mention saya di twitter @ibramzovic ...

No comments:

Post a Comment

just an ordinary boy

About Me

My photo
Malang, Indonesia
Student of International Relations, Gadget Addict, Want to Know About Anything